Kamis, 25 Oktober 2012

IDUL ADHA

SELAMAT MERAYAKAN IDUL ADHA ^_^"



Hallo sobat BloRen, selamat merayakan Idul Adha ia . Acik-acik yang orangtuanya buat Ketupat Sayur, mau dong . hihihihi _^



Sobat BloRen , kali ini Mang OJo sedih banget ni , karena Orang Tua Mang OJo engga buat Ketupat Sayur , sedih dech >,< Mungkin karena Keekonimiannya kali ia . 



Tapi gppa , yang penting tetep bisa merayakan Idul Adha ini dengan Keluarga yang Lengkap seperti biasanya, walaupun Adik kesayangan Mang OJo udah lama engga bisa merayakannya , karena sudah pergi ke pangkuan Ilahi ~_~"



Cayoooooo , 

Kali ini , Mang OJo mau ngasih artikel tentang "Khasiat Di Balik Daging Qurban"  Baca terus ia ,


Ada tradisi yang dilaksanakan bagi yang mampu yaitu melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kerbau, kambing atau hewan lainnya yang disyariatkan menurut ajaran Islam.

Hikmah yang bisa kita ambil dari kurban ini adalah untuk membagi-bagikan rezki yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia saat Hari Raya Iduladha, yang memang menjadi hari membahagiakan bagi umat Islam, agar yang miskin juga merasakan kegembiraan seperti yang lainnya.

Sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW  “Hari Raya kurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” (HR. Muslim) disamping itu hikmah yang lain adalah untuk memperbanyak rezki bagi yang berkurban, karena setiap hamba yang menafkahkan hartanya di jalan Allah akan mendapatkan balasan berlipat ganda.

Pada Iduladha hampir seluruh masyarakat menikmati daging kurban. Dan bagi masyarakat kita memang masih dalam kekurangan, untuk bisa mengkonsumsi daging setiap hari belum tentu bisa. Padahal konsumsi protein yang berasal dari hewani seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing atau daging yang lainnya sangatlah penting bahkan sumber protein hewani mengandung protein esensial yang tidak terdapat dalam nabati.

Protein esensial adalah protein yang didapat dari luar untuk kebutuhan tubuh kita, tubuh tidak bisa menghasilkan protein yang esensial ini jadi mutlak harus ada dari luar.

Makna berkurban juga mengandung nilai-nilai yang tersembunyi yaitu berkurban dengan sapi, kambing atau hewan yang lain mengandung makna pentingnya dalam kehidupan sehari-hari mengkonsumsi daging walaupun memang harganya agak mahal.

Definisi daging adalah semua jaringan hewan dan produk hasil pengolahan jaringan-jaringan tersebut yang dapat dikonsumsi sebagai makanan tanpa menimbulkan gangguan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Organ-organ seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru, otak, limpa, pankreas dan jaringan otot termasuk dalam definisi ini. Walaupun demikian, secara umum, jika disebutkan daging, maka orang biasanya menghubungkannya dengan jaringan otot hewan. Daging juga bisa diartikan produk seperti ikan, telor atau produk yang lainnya yang berasal dari hewani.

Daging sapi sangat disukai karena mempunyai gizi tinggi dan rasanya enak serta gurih. Masyarakat Indonesia biasa memasak daging sapi dengan berbagai ragam masakan yang dapat merangsang selera makan. Daging sapi juga bermanfaat bagi tubuh manusia.

Banyak orang takut mengonsumsi daging karena alasan kesehatan. Padahal, jika diolah dengan benar dan tidak berlebihan konsumsi daging merah aman untuk kesehatan. Jumlah protein dalam makanan merupakan ukuran yang penting untuk kualitas diet.

Gizi adalah zat atau senyawa kimiawi yang terdapat dalam pangan yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. Setiap bahan pangan mempunyai kandungan zat gizi yang berbeda baik jumlah maupun jenisnya.

Bahkan sesama bahan pangan pun ada yang berbeda jumlahnya, misalnya untuk daging sapi mempunyai kandungan protein paling tinggi dibanding dengan daging hewan lainnya. Setiap 100 gram daging sapi mengandung 207 kilokalori, protein 18,8 gram, lemak 14 gram, calcium 11 miligram, phosphor 170 miligram dan besi 2,8 miligramg.

Manfaat daging khususnya  daging sapi bagi tubuh manusia adalah setiap 100 gram daging sapi mengandung protein 18,8 gram. Protein dari daging sapi ini disebut protein hewani yang mempunyai struktur asam amino yang mirip dengan manusia, tidak dapat dibuat oleh tubuh (essensial), susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang.

Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati (dari tumbuh-tumbuhan). Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar organ tubuh, seperti: otot, kulit, rambut, jantung, paru-paru, otak, dan lain-lain.

Adapun fungsi protein yang penting bagi bagi tubuh manusia, antara lain untuk: 1) pertumbuhan; 2) memperbaiki sel-sel yang rusak, 3) sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin; 4) sebagian sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi; dan 5) menjaga keseimbangan asam basa darah.

Daging kaya akan zat gizi yang diperlukan tubuh, adapun kandungan gizinya antara lain adalah kaya zat besi yang membantu mencegah kita terkena anemia. Kandungan zat besi dari hewani atau dari daging sangat cepat digunakan untuk tubuh sehingga terhindar dari penyakit anemia berbeda dengan sumber nabati.

Daging sapi memiliki zinc (seng) enam kali lebih tinggi dari pada daging lainnya. Zinc membantu mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah yang berkontribusi terhadap penyempitan pembuluh darah aterosklerosis.

Anak-anak yang sering memakan bahan pangan yang mengandung protein hewani akan terlihat tumbuh cepat, mempunyai daya tahan tubuh kuat, dan cerdas dibanding dengan anak yang jarang makan makanan berprotein tinggi. Tumbuh cepat ditandai dengan badannya berisi, segar dan lebih gemuk serta tinggi.

Sedangkan mempunyai daya tahan tubuh kuat biasanya ditandai dengan jarang sakit-sakitan dan aktif atau banyak beraktivitas. emudian cerdas ditandai dengan pandai di sekolah dan cepat tanggap terhadap pertanyaan.  Selain protein tersebut, lemak juga bermanfaat bagi tubuh manusia, yaitu sebagai simpanan energi/tenaga.

Lemak yang terdapat dalam daging sapi berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia. Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk menghemat protein dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Begitu banyaknya manfaat yang ada pada daging khususnya untuk pemenuhan gizi kita maka sebaiknya dalam makanan sehari hari harus ada sumber protein hewani seperti daging, ikan atau paling tidak ada telor dalam menu kita sehari-hari.


Semoga momentum  Iduladha ini memberikan kesadaran pada kita semua bahwa makna berkurban adalah berbagi kepada yang tidak mampu paling tidak daging kurban. 

Sumber : Sekretaris DPD Persagi Kalsel

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar, Lalaillahaillallah Huallah huakbar , Allahuakbar walillah Ilham 

nah , udah pada tau kan tentang Khasiat di balik daging qurban ? udah dulu ya sobat , hihihi , Cayooo ,

SELAMAT MERAYAKAN IDUL ADHA 

salam BloRen ^_^"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar