Sabtu, 13 Oktober 2012

MAJALAH BLOG

Assallamualaikum Sobat BloRen, apa kabar ni semua ? Mudah-mudahan baik-baik aja ia sobat. Mang OJo mau tanya ni sama Sobat semua, ada yang tau engga kepanjangan dari BloRen ? Hayooo, ada yang tau engga ni ? Kalau tau di kasih permen dech , haha ;) canda "

Oke dch , Mang OJo kasih tau jawabannya, BloRen itu kepanjangannya adalah Blog Rendi, haha;) lucu ia ? tapi emang itu kepanjangannya.

Sobat BloRen, kali ini Mang OJo mau kasih tau ni tentang Apa itu Bisul dan cara-cara penanganannya.

Sobat BloRen, ada yang tau engga kenapa kali ini Mang Ojo mau ngebahas tentang BISUL ? Hayoo , ada yang tau engga ni ? Kalau emang Sobat semua tau jawabannya, Kirim jawabannya ke rumah Mang OJo ia , haha ;) Intermezo sobat.

Mang OJo ngebahas tentang BISUL , karena Mang OJo sendiri baru aja ngerasain penyakit BISUL< sedih dech >,< PERIH ~_~". Maka dari itu Mang OJo terinspirasi buat cari tau tentang BISUL dan nyeritaend semuanya pada sobat semua, supaya sobat semua bisa ngindarin penyakit yang namanya BISUL. Tapi Alhamdulillah , sekarang udah sembuh lagi , Yeyeyeye Mang OJo sembuh. Sobat juga mudah-mudahan engga ngerasain penyakit BISUL.

Kalau emang Sobat BloRen mau tau secara lengkap tentang BISUL , baca terus ia , sampai bawah !

Apa itu Bisul ?


Sobat BloRen pernah mengalami bisul? Penyakit ini memang hanya merupakan foliker kecil pada kulit, namun rasa nyeri yang diakibatkan sering membuat orang tidak tahan.

Hal itu yang dirasakan Novi Diah (30). Ibu tiga anak tersebut pernah menderita bisul di pantatnya. Malah itu terjadi saat dia akan melahirkan anak keduanya. “Jadi benar-benar menderita,” ujarnya.

Rasa sakit, kata Novi, baru hilang ketika bisul pecah dan mengeluarkan nanah. “Kalau sudah pecah, dipencet, baru agak ringan,” ungkapnya.

Menurut dr Ida Yuliati MHKes, bisul adalah radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab tersering adalah bakteri—biasanya staphylococcus aureus. Karena itu, bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam. “Awalnya hanya folikel rambut yang terinfeksi. Tetapi karena adanya gesekan, iritasi, dan kurang bersihnya perawatan tubuh, infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan menjadi bisul,” ujar Ida.

Bisul biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah. Namun ada kalanya bisul harus mendapatkan proses pembedahan minor, untuk mengeluarkan cairan yang disebut nanah.

“Cairan nanah yang ada dalam bisul pada dasarnya merupakan sel darah putih. Nanah terbentuk dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan bakteri yang menginfeksi daerah kulit yang terjadi bisul,” jelas Ida.

Ida menyebutkan, bisul juga dapat disebabkan tersumbatnya kelenjar minyak, yang kemudian terinfeksi. Bisul seperti itu dinamakan akne kista, biasanya terjadi di kulit wajah para remaja. Ada juga bisul yang disebut hidradenitis suppurativa yang disebabkan radang lokal kelenjar keringat.

Biasanya bisul yang timbul lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha. Ada lagi bisul yang disebut kista pilonidal, biasanya terjadi di lipatan bokong. “Awalnya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah dengan iritasi dari tekanan karena duduk terlalu lama,” jelas kepala RSUD A Manaf Kota Jambi tersebut.

Adapun tempat yang paling sering terjadi bisul adalah di daerah tubuh yang banyak terjadi gesekan, misalnya ketiak dan bokong.

Bagaimana jika bisul terjadi berulang-ulang? Ida mengatakan, jika terjadi berulang-ulang, harus dicari penyebab dasarnya. “Sebaiknya diperiksakan ke dokter,” kata Ida.

Ada kalanya bisul dilatarbelakangi penyakit tertentu, seperti kencing manis, penyakit ginjal berat, dan penyakit berat lainnya. “Jadi perlu pemeriksaan Khusus,” sebutnya.

Kompres dengan Air Hangat

Bagi yang pernah mengalami bisul, tentu tahu rasanya sakit sekali. Penanganan yang baik akan membantu meringankan rasa nyeri tersebut.

Menurut dr Ida Yuliati MHKes, untuk pengendalian awal, yang dapat dilakukan bila sudah terlihat akan terjadi bisul, adalah segera kompres dengan air hangat. “Fungsinya meningkatkan sirkulasi darah ke tempat tersebut,” kata Ida.

Pengobatan dengan cara pemberian krim atau salep antibiotik. Namun pemberian krim atau salep tersebut harus dengan resep dokter, agar sesuai dengan penyebab bisul.

Namun bila tidak ada perubahan ke arah perbaikan, untuk bisul yang ada puncak putihnya, sebaiknya dikeluarkan nanahnya melalui cara biasa, seperti dipencet.

Tetapi untuk bisul yang padat, sakit, dan tidak bermata, sebaiknya jangan dipijat karena tidak akan ada nanah yang dapat dikeluarkan. Bisa jadi bisul tersebut memerlukan operasi bedah minor.

Selain itu, jika bisul yang tumbuh dalam jumlah banyak, sehingga menyebabkan deman, harus ditambah obat antibiotik.

Untuk pencegahan, yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan kulit tubuh, sehingga bisa meminimalisasi terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan bisul.


Nah Sobat BloRen , udah pada tau kan tentang Apa itu Bisul dan cara penangannya ?

Mudah-mudahan Sobat BloRen engga ada yang ngerasain penyakit BISUL, dan kalau ada yang ngerasain, mudah-mudahan sobat BloRen bisa coba tips-tips dari Mang OJo ini.

Udah dulu ia Sobat BloRen, Daah. Salam BloRen .

Wassallamualaikum Warahmatullohhi Wabarakatuh . 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar